Jumat, 29 Maret 2013

Manajemen Pemasaran – Bauran Pemasaran Jasa


Pada pertemuan ke-6 (tanggal 25 Maret 2013). Kelompok 4 mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa tentang “Bauran Pemasaran Jasa”. Namun pada pertemuan ke-6 kali ini Bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd berhalangan hadir, akan tetapi perkuliahan tetap berlangsung.  

Apa yang di maksud bauran pemasaran? Bauran pemasaran adalah alat yang digunakan oleh pemasar dalam melakukan aktivitas pemasaran. Bauran pemasaran ini berkaitan erat dengan marketing mix dan positioning pemasaran, yang mana melakukan pencitraan terhadap keunggulan-keunggulan produknya agar konsumen menjadi tertarik dan membeli produk tersebut. Jika pada pembahasan sebelumnya kita hanya menggunakan 4P (product, price, place, dan promotion) dalam marketing mix, tetapi pada bauran pemasaran jasa kali ini kita menggunakan 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan customer service).

Mari kita bahas unsur-unsur tersebut satu per satu : pertama adalah PRODUCT. Produk jasa merupakan nilai keseluruhan atas objek atau proses yang memberikan berbagai nilai yang kompleks bagi para pelanggan. Karena konsumen membeli jasa untuk memecahkan masalah yang melekatkan nilai pada jasa-jasa dalam kaitannya dengan kemampuan jasa. Ada 6 kategori dalam pengembangan produk/jasa baru dalam bauran pemasaran ; inovasi utama, bisnis baru, produk baru untuk pasar yang saat ini dilayani, perluasan lini produk, penyempurnaan produk, dan perubahan-perubahan gaya

Unsur kedua adalah PRICE. Dalam bauran pemasaran jasa, harga memainkan bagian yang sangat penting. Karena penetapan harga memberikan penghasilan serta keuntungan bagi bisnis. Harga juga memberikan persepsi mengenai kualitas, istilahnya jika kita ingin mendapatkan produk jasa yang berkualitas tinggi maka harganya pun juga akan tinggi. Sebaliknya jika kita menginginkan harga yang rendah maka kualitas yang didapat juga akan rendah. 

Unsur ketiga, PLACE. Pentingnya lokasi untuk jasa tergantung pada jenis dan tingkat interaksi yang terlibat antara penyedia jasa dengan konsumen. Ada 3 jenis interaksinya : (1) Pelanggan mendatangi penyedia jasa, (2) Penyedia jasa mendatangi pelanggan, (3) Penyedia jasa dan pelanggan melakukan transaksi bisnis dalam jarak jauh. Keempat, PROMOTION. Merupakan unsur bauran pemasaran jasa yang sangat penting dalam membantu memperkenalkan dan mengkomunikasikan positioning jasa kepada pelanggan. Promosinya bisa dengan periklanan (media cetak maupun elektronik), penjualan personal, promosi penjualan (pemberian diskon), hubungan masyarakat, word of mouth, dan pos langsung. 

Unsur kelima, PEOPLE. Orang-orang yang terlibat dalam bauran pemasaran jasa. Kategori-kategori peran staff dalam bauran pemasaran ;
  • Contactor : orang yang berinteraksi secara langsung dengan konsumen
  • Modifier : orang yang sering melakukan hubungan dengan konsumen tetapi tidak bertemu secara langsung.
  • Influencer : orang yang terlibat dalam unsur bauran pemasaran jasa tetapi kurang melakukan kontak dengan pelanggan.
  • Isolated : orang yang tidak turut serta dalam bauran pemasaran dan tidak pernah memiliki kontak pelanggan.
Keenam, PROCESS. Merupakan proses-proses dimana jasa diciptakan dan disampaikan kepada pelanggan di dalam bauran pemasaran jasa. Unsur ketujuh CUSTOMER SERVICE. Ada 4 langkah kunci dalam menyusun strategi layanan pelanggan ; (1) Mengidentifikasi misi layanan / jasa, (2) Menetapkan tujuan layanan pelanggan, (3) Strategi layanan pelanggan, (4) Implementasi. Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan strategi layanan kepada pelanggan dapat efektif sesuai kebutuhan pelanggan. 

Setelah kita mengetahui apa itu bauran pemasaran dan unsur-unsur yang ada dalam bauran pemasaran jasa. Selanjutnya perlu mengembangkan strategi bauran pemasaran jasa, dengan :
  • Konsistensi ; dimana ada kesesuaian yang jelas, logis dan bermanfaat antara unsur-unsur bauran pemasaran jasa.
  • Integrasi ; menyangkut interaksi harmonis aktif antara unsur-unsur bauran pemasaran jasa. Maksudnya dalam unsur-unsur bauran pemasaran harus saling berkaitan dan berkesinambungan.
  • Leverage ; mencakup pendekatan yang canggih dan berkaitan dengan setiap unsur untuk mendukung semua bauran pemasaran. Maksudnya harus ada faktor penghubung antar setiap unsur pembauran agar dalam kegiatan bauran pemasaran jasa dapat berjalan dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar