Sabtu, 09 Maret 2013

Tugas 1 (Jelaskan syarat-syarat segmen : measurable, accessible, large enough, actionable)


Tugas Manajemen Pemasaran
(Kelompok 11)

Jelaskan syarat-syarat segmen : measurable, accessible, large enough, actionable. 

1.  Measurable (Terukur) 
Maksudnya, bahwa segmen-segmen pasar yang ditentukan oleh perusahaan harus bisa membantu perusahaan tersebut dalam mengukur daya beli konsumen terhadap produknya.
Contohnya : pada saat kita ingin mendirikan sekolah swasta pada jenjang Sekolah Dasar. Maka sebelum kita membangun sekolah tersebut kita juga harus menganalisis bagaimana keadaan di lokasi yang diinginkan. Tahap awal kita harus mencari lokasi yang strategis seperti dekat dengan perumahan yang biasanya merupakan keluarga baru dan memiliki anak yang rata-rata usia sekolah dasar. Selanjutnya menganalisis bagaimana keadaan masyarakatnya, apakah memiliki perekonomian yang baik atau tidak, dan sebagainya. Dengan melakukan analisis tersebut maka kita bisa mengetahui dan mengukur bagaimana kemampuan atau daya beli konsumen terhadap sekolah yang kita dirikan.
 
2.  Accessible (Dapat Diakses)
Maksudnya, bahwa segmen-segmen yang ditentukan perusahaan tersebut harus mudah dijangkau atau diakses untuk pelayanannya.
Contohnya : pada saat kita mendirikan Sekolah Dasar tersebut. Maka kita juga harus memperhatikan bagaimana keterjangkauan akses untuk menuju ke lokasi sekolah. Lokasi sekolahnya harus jelas (mudah dicari), akses jalanannya dapat dilewati kendaraan bermotor, dan sebagainya.

3.  Large Enough (Cukup Besar)
Maksudnya, bahwa segmen-segmen dalam pasar yang dipilih oleh perusahaan memiliki target pasar yang cukup besar.
Contohnya : jika kita mendirikan sekolah dekat dengan lingkungan masyarakat yang rata-rata memiliki anak usia masuk sekolah dan sekolah tersebut sesuai dengan keadaan serta kebutuhan masyarakatnya. Maka secara otomatis target pasar pada segmen tersebut cukup besar dan dapat terus berkembang.

4.  Actionable (Ditindak Lanjuti)
Maksudnya, bahwa segmen-segmen pasar tersebut harus dilayani atau ditindaklanjuti oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
Contohnya : apabila di sekolah dasar swasta tertentu membutuhkan guru baru maka pihak yayasan dapat mencarikan guru yang sudah dimiliki sebelumnya atau bisa juga dengan membuka perekrutan guru baru dengan kebutuhan yang berasal dari sekolah tersebut dan dalam perekrutannya juga harus sesuai dengan latar belakang pendidikan sebagai tenaga pendidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar