Tugas Manajemen
Pemasaran
(Kelompok 11)
Jelaskan
syarat-syarat segmen : measurable, accessible, large enough, actionable.
1. Measurable
(Terukur)
Maksudnya, bahwa segmen-segmen pasar yang ditentukan
oleh perusahaan harus bisa membantu perusahaan tersebut dalam mengukur daya
beli konsumen terhadap produknya.
Contohnya : pada saat kita ingin mendirikan sekolah
swasta pada jenjang Sekolah Dasar. Maka sebelum kita membangun sekolah tersebut
kita juga harus menganalisis bagaimana keadaan di lokasi yang diinginkan. Tahap
awal kita harus mencari lokasi yang strategis seperti dekat dengan perumahan
yang biasanya merupakan keluarga baru dan memiliki anak yang rata-rata usia
sekolah dasar. Selanjutnya menganalisis bagaimana keadaan masyarakatnya, apakah
memiliki perekonomian yang baik atau tidak, dan sebagainya. Dengan melakukan analisis
tersebut maka kita bisa mengetahui dan mengukur bagaimana kemampuan atau daya
beli konsumen terhadap sekolah yang kita dirikan.
2. Accessible (Dapat Diakses)
Maksudnya, bahwa segmen-segmen yang ditentukan perusahaan
tersebut harus mudah dijangkau atau diakses untuk pelayanannya.
Contohnya : pada saat kita mendirikan Sekolah Dasar
tersebut. Maka kita juga harus memperhatikan bagaimana keterjangkauan akses
untuk menuju ke lokasi sekolah. Lokasi sekolahnya harus jelas (mudah dicari), akses
jalanannya dapat dilewati kendaraan bermotor, dan sebagainya.
3. Large Enough (Cukup Besar)
Maksudnya, bahwa segmen-segmen dalam pasar yang
dipilih oleh perusahaan memiliki target pasar yang cukup besar.
Contohnya : jika kita mendirikan sekolah dekat
dengan lingkungan masyarakat yang rata-rata memiliki anak usia masuk sekolah dan
sekolah tersebut sesuai dengan keadaan serta kebutuhan masyarakatnya. Maka secara
otomatis target pasar pada segmen tersebut cukup besar dan dapat terus
berkembang.
4. Actionable (Ditindak Lanjuti)
Maksudnya, bahwa segmen-segmen pasar tersebut harus
dilayani atau ditindaklanjuti oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
Contohnya : apabila di sekolah dasar swasta tertentu
membutuhkan guru baru maka pihak yayasan dapat mencarikan guru yang sudah
dimiliki sebelumnya atau bisa juga dengan membuka perekrutan guru baru dengan
kebutuhan yang berasal dari sekolah tersebut dan dalam perekrutannya juga harus
sesuai dengan latar belakang pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar