Sabtu, 09 Maret 2013

Tugas 2 (Bisnis Jasa Pendidikan / Pengembangan SDM)


Tugas Manajemen Pemasaran

1.      Tentukan nama dan bisnis jasa pendidikan atau pengembangan SDM?
2.  Tentukan pendekatan yang anda gunakan untuk menentukan segmen pasar dengan berikan alasan (150-200 kata)?

Nama dan bisnis jasa pendidikan / pengembangan SDM yang akan saya dirikan adalah Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Tunas Bangsa. 

Bisnis ini akan saya dirikan sebagai bentuk pentingnya penyelenggaraan pendidikan masa prasekolah pada anak-anak. Dalam melaksanakan bisnis jasa pendidikan ini saya menggunakan pendekatan Concentrated Marketing, maksudnya hanya berfokus pada satu segmentasi untuk menghasilkan output yang berkualitas. 

Mengapa memakai pendekatan Concentrated Marketing? karena masa prasekolah merupakan tahapan awal seorang anak akan belajar cara untuk bersosialisasi terhadap pembelajaran dan lingkungan sekolahnya. Maka dari itu harus diberikan perhatian-perhatian khusus didalam melaksanakan bisnis jasa pendidikan ini. Bentuk perhatian tersebut berupa keadaan sekolah dan pembelajaran yang harus sesuai dengan kebutuhan anak-anak TK, penyeleksian guru-guru yang akan mengajar TK harus benar-benar memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, serta memiliki kesabaran dan kemampuan dalam membimbing anak-anak seusia TK. Sehingga peserta didik dapat merasa nyaman dan aman saat mendapatkan pelajaran di sekolah. Dengan demikian output yang dihasilkan pun juga memiliki potensi yang baik dan berkualitas untuk melanjutkan pendidikan sekolah ke jenjang berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar