Pada
pertemuan ke-4 (tanggal 4 Maret 2013). Kelompok 2 yang beranggotakan Yohanes,
Syifa, Vera, dan Tyas mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran
Jasa tentang “Segmentasi Pasar dan
Targeting Pasar”.
Apa
yang dimaksud dengan segmentasi pasar dan targeting pasar? Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan pemilahan atau mengelompokkan
pasar dari yang sebelumnya bersifat heterogen menjadi pasar yang homogen.
Sedangkan pengertian targeting pasar
ialah kegiatan pemilihan segmen-segmen pasar dalam rangka menentukan sasaran dan
tujuan pasar.
Segmentasi
pasar tersebut dilakukan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan para pelanggan
dalam mencari barang dan jasa yang diinginkan. Dalam pembentukan segmentasi
pasar harus memperhatikan beberapa proses,
yaitu :
- Survei, yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengetahui keinginan-keinginan konsumen terhadap produk-produk pasar.
- Analisis, setelah melakukan survei selanjutnya perusahaan melakukan analisis kira-kira apa saja yang menjadi kebutuhan para konsumen.
- Pembentukan; merupakan langkah terakhir dalam proses segmentasi pasar, yang mana perusahaan menentukan segmentasi pasar terhadap produk-produknya.
Setelah
segmentasi pasar terbentuk, perusahaan harus dapat menjalankan pelaksanaannya
dengan baik sehingga segmentasi perusahaan yang dilakukan dapat efektif. Segmentasi
pasar yang dikatakan efektif antara lain: dapat diukur, cukup besar, dapat
dijangkau, dapat dibedakan, dan dapat diambil tindakan.
Maka
dari itu dalam menentukan segmentasi pasar harus memperhatikan
pendekatan-pendekatan segmentasi pasar, meliputi Undifferentiated marketing,
differentiated marketing, dan concentrated marketing. Undifferentiated
marketing adalah perusahaan memproduksi satu jenis produk untuk seluruh segmen
pasar. Differentiated marketing adalah perusahaan memproduksi bermacam-macam
produk pada segmentasi pasar. Concentrated marketing yaitu perusahaan hanya
focus memproduksi satu produk untuk segmen pasar tertentu. Sedangkan
dalam penetapan pasar sasaran, hal-hal yang harus diperhatikan adalah
mengevaluasi segmen pasar dan menyeleksi segmen pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar