Sabtu, 09 Maret 2013

( Pertemuan Ke-4 ) - Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar


Pada pertemuan ke-4 (tanggal 4 Maret 2013). Kelompok 2 yang beranggotakan Yohanes, Syifa, Vera, dan Tyas mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa tentang “Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar”.
 
Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar dan targeting pasar? Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan pemilahan atau mengelompokkan pasar dari yang sebelumnya bersifat heterogen menjadi pasar yang homogen. Sedangkan pengertian targeting pasar ialah kegiatan pemilihan segmen-segmen pasar dalam rangka menentukan sasaran dan tujuan pasar. 

Segmentasi pasar tersebut dilakukan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan para pelanggan dalam mencari barang dan jasa yang diinginkan. Dalam pembentukan segmentasi pasar harus memperhatikan beberapa proses, yaitu :
  1. Survei, yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengetahui keinginan-keinginan konsumen terhadap produk-produk pasar.
  2. Analisis, setelah melakukan survei selanjutnya perusahaan melakukan analisis kira-kira apa saja yang menjadi kebutuhan para konsumen.
  3. Pembentukan; merupakan langkah terakhir dalam proses segmentasi pasar, yang mana perusahaan menentukan segmentasi pasar terhadap produk-produknya.
Setelah segmentasi pasar terbentuk, perusahaan harus dapat menjalankan pelaksanaannya dengan baik sehingga segmentasi perusahaan yang dilakukan dapat efektif. Segmentasi pasar yang dikatakan efektif antara lain: dapat diukur, cukup besar, dapat dijangkau, dapat dibedakan, dan dapat diambil tindakan.

Maka dari itu dalam menentukan segmentasi pasar harus memperhatikan pendekatan-pendekatan segmentasi pasar, meliputi Undifferentiated marketing, differentiated marketing, dan concentrated marketing. Undifferentiated marketing adalah perusahaan memproduksi satu jenis produk untuk seluruh segmen pasar. Differentiated marketing adalah perusahaan memproduksi bermacam-macam produk pada segmentasi pasar. Concentrated marketing yaitu perusahaan hanya focus memproduksi satu produk untuk segmen pasar tertentu. Sedangkan dalam penetapan pasar sasaran, hal-hal yang harus diperhatikan adalah mengevaluasi segmen pasar dan menyeleksi segmen pasar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar