Sabtu, 13 April 2013

Manajemen Pemasaran – Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa Pendidikan


Pada pertemuan ke-7, tanggal 8 April 2013. Kelompok 5 yang beranggotakan Yayu Fatonah, Septia Lutfiani, M. Fahmi Basyar, dan Artha Virabhuana mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa tentang “Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa Pendidikan”. Pada pertemuan ini perkuliahan dilaksanakan kembali seperti saat awal perkuliahan yaitu di dalam kelas ruang DS 307. Perkuliahan juga dipimpin langsung oleh Bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd selaku dosen matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa. 

Sebelum membahas lebih dalam tentang materi penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan, kita harus mengetahui dulu apa yang di maksud dengan produk? Produk adalah segala sesuatu yang dipasarkan kepada pasar dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia. Produk-produk tersebut dapat berupa barang (goods) dan jasa (service), tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari para konsumen untuk menentukan pilihannya. 

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan akan selalu melakukan kegiatan penciptaan dan pengembangan produk dalam perusahaannya. Dalam melakukan kegiatan tersebut, tidak hanya dilakukan bagi perusahaan baru terhadap produknya tetapi juga dilakukan oleh perusahaan yang sudah lama untuk tetap eksis dan memperoleh keuntungan. Maka dari itu perusahaan perlu melakukan perencanaan produk atau Product Planning, yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam menentukan dan mengembangkan produk, memperbaiki produk yang sudah ada, menambahkan nilai atau fungsi dari produknya, dan untuk menekan biaya produksi. Tujuan dari melakukan product planning, antara lain : untuk memenuhi keinginan konsumen, untuk memenangkan persaingan, dan untuk meningkatkan omset penjualan. 

Dalam melakukan pengembangan produk ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu : (1) penciptaan ide-ide. Penciptaan ide-ide tersebut dapat bersumber dari para konsumen, ilmuan, karyawan, pesaing, dan manajer puncak. (2) penyaringan ide; yaitu proses dimana ide-ide yang sudah didapatkan apakah akan dilanjutkan atau ditolak. (3) pengembangan dan pengujian konsep; dari ide yang sudah ditentukan akan dijadikan konsep produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen.  (4) pengembangan strategi pemasaran; dengan melakukan perencanaan pemasaran terhadap produk yang diinginkan. (5) Analisis usaha atau bisnis; memperkirakan segala kebutuhan yang meliputi pembiayaan, pengelolaan dan keuntungan dalam penjualan. (6) Pengembangan produk; biasa dalam bentuk fisik dari produk (7) uji pemasaran; pengujian produk kepada konsumen dengan memberikan sampel dan konsumen diminta memberi tanggapan terhadap produknya tersebut. (8) komersialisasi; yaitu memperkenalkan secara luas tentang produk yang sudah dihasilkan kepada konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar