Pada pertemuan ke-7, tanggal 8 April 2013.
Kelompok 5 yang beranggotakan Yayu Fatonah, Septia Lutfiani, M. Fahmi Basyar,
dan Artha Virabhuana mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran
Jasa tentang “Penciptaan dan
Pengembangan Produk Jasa Pendidikan”. Pada pertemuan ini perkuliahan
dilaksanakan kembali seperti saat awal perkuliahan yaitu di dalam kelas ruang
DS 307. Perkuliahan juga dipimpin langsung oleh Bapak Dr. Amril Muhammad, S.E.
M.Pd selaku dosen matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa.
Sebelum membahas lebih dalam tentang
materi penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan, kita harus
mengetahui dulu apa yang di maksud dengan produk? Produk adalah segala sesuatu
yang dipasarkan kepada pasar dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia. Produk-produk
tersebut dapat berupa barang (goods) dan jasa (service), tentunya disesuaikan
dengan kebutuhan dari para konsumen untuk menentukan pilihannya.
Sebagai upaya memenuhi kebutuhan
konsumen, perusahaan akan selalu melakukan kegiatan penciptaan dan pengembangan
produk dalam perusahaannya. Dalam melakukan kegiatan tersebut, tidak hanya
dilakukan bagi perusahaan baru terhadap produknya tetapi juga dilakukan oleh
perusahaan yang sudah lama untuk tetap eksis dan memperoleh keuntungan. Maka
dari itu perusahaan perlu melakukan perencanaan produk atau Product Planning, yaitu kegiatan yang
dilakukan perusahaan dalam menentukan dan mengembangkan produk, memperbaiki
produk yang sudah ada, menambahkan nilai atau fungsi dari produknya, dan untuk
menekan biaya produksi. Tujuan dari melakukan product planning, antara lain : untuk memenuhi keinginan konsumen,
untuk memenangkan persaingan, dan untuk meningkatkan omset penjualan.
Dalam melakukan pengembangan produk ada
beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu : (1) penciptaan ide-ide. Penciptaan ide-ide
tersebut dapat bersumber dari para konsumen, ilmuan, karyawan, pesaing, dan
manajer puncak. (2) penyaringan ide; yaitu proses dimana ide-ide yang sudah
didapatkan apakah akan dilanjutkan atau ditolak. (3) pengembangan dan pengujian
konsep; dari ide yang sudah ditentukan akan
dijadikan konsep produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan
konsumen. (4) pengembangan strategi pemasaran; dengan melakukan
perencanaan pemasaran terhadap produk yang diinginkan. (5) Analisis usaha atau
bisnis; memperkirakan segala kebutuhan yang meliputi pembiayaan, pengelolaan
dan keuntungan dalam penjualan. (6) Pengembangan produk; biasa dalam bentuk
fisik dari produk (7) uji pemasaran; pengujian produk kepada konsumen dengan
memberikan sampel dan konsumen diminta memberi tanggapan terhadap produknya
tersebut. (8) komersialisasi; yaitu memperkenalkan secara luas tentang produk
yang sudah dihasilkan kepada konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar