Sabtu, 02 Maret 2013

Analisis Lingkungan Pemasaran (Pertemuan Ke-3)


Pada pertemuan ke-3 (25 Februari 2013). Kelompok 1 yang beranggotakan Muhammad Ilham, Andika Puji dan Elan Suherlan menyampaikan presentasinya dengan judul materi “Analisis Lingkungan Pemasaran”.

Dalam presentasinya, kelompok 1 menjelaskan juga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan pemasaran, yaitu :
  • Faktor Internal, adalah suatu pengaruh yang bersumber dari dalam perusahaan yang berpengaruh kepada kinerja perusahaan tersebut.
  • Faktor Eksternal, adalah suatu pengaruh yang bersumber atau yang berasal dari luar perusahaan.
Faktor eksternal lingkungan pemasaran dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  • Lingkungan Eksternal Mikro, yang meliputi lingkungan persaingan, lingkungan pemasok/pensuplai, lingkungan pasar/konsumen, lingkungan penyalur.
  • Lingkungan Eksternal Makro, meliputi lingkungan ekonomi, teknologi, politik dan hukum, demografi, lingkungan budaya.
Setelah kelompok 1 selesai mempresentasikan materinya, Pak Amril selaku dosen matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa menambahkan kembali penjelasan materi kelompok 1. Materi yang beliau sampaikan, akan saya sajikan dalam bentuk laporan sebagai berikut : 

Dalam manajemen pemasaran, kita perlu melakukan analisis lingkungan. Mengapa demikian? Karena lingkungan merupakan kekuatan dari bagian pemasaran yang sangat mempengaruhi manajemen pemasaran dalam menjual produk-produknya. Dalam menjual produk-produk tersebut muncullah lingkungan mikro dan lingkungan makro. 

1. Lingkungan Mikro
    Merupakan lingkungan terdekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam melayani pelanggan. Lingkungan mikro terdiri dari :

  • Company in self
  • Supplier
  • Marketing instructions
  • Costumer

2. Lingkungan Makro
    Merupakan lingkungan luar (masyarakat) yang mempengaruhi lingkungan pemasaran mikro perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran. Lingkungan makro terdiri dari :
  • Location / lokasi
  • Age / umur
  • Gender / kelamin
  • Culture / budaya
  • Teknologi
  • Politik
  • Intervensi pemerintah
  • Kebijakan pengganti
  • Daya beli / lingkungan ekonomi
  • Data statistik lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar