Minggu, 12 Mei 2013

Manajemen Pemasaran – Promosi Jasa Pendidikan


Pada pertemuan ke-11, Senin 6 Mei 2013. Kelompok 9 yang beranggotakan Rahmawati Ramdiah, Ayu Wulandari, Ria Zulfiah, dan Nurma Jelita mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan tentang “Promosi Jasa Pendidikan”. Pada pertemuan kali ini agak sedikit berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Karena presentasi pertemuan ke-11 ini dibentuk kelompok-kelompok kecil yang kemudian dipimpin satu orang anggota kelompok yang presentasi. Untuk kelompok 4, 7, dan 11 ditutori oleh anggota kelompok penyaji yaitu Rahmawati Ramdiah.

Sebelum membahas lebih dalam tentang materi tersebut diatas, kita harus mengetahui  dulu apa yang dimaksud dengan promosi? Promosi adalah kegiatan memasarkan sebuah produk atau jasa dengan menggunakan sarana promotion mix (iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal). Promotion mix tersebut dijelaskan sebagai berikut : 

Pertama, Iklan adalah bentuk komunikasi bukan pribadi yang dijalankan melalui usaha yang dibayar. Tujuan dari penggunaan iklan yaitu (1) untuk menyampaikan pesan kepada konsumen tentang suatu produk; (2) untuk memotivasi, contohnya pada iklan KB yang menyebutkan “dua anak lebih baik” bahwa satu keluarga dianjurkan mempunyai 2 orang anak. Ada 5 langkah dalam membuat iklan yaitu (1) menetapkan sasaran, yang meliputi segmen dan target pasarnya; (2) membuat keputusan anggaran, melakukan perencanaan tentang keuangan atau anggaran yang diperlukan dalam membuat iklan; (3) membuat keputusan untuk pesan iklan, melakukan pemilihan isi pesan yang ada dalam iklan yang akan kita publikasikan; (4) evaluasi konsumen, yaitu meminta respon kepada konsumen tentang iklan produk yang bersangkutan; (5) Pelaksanaan, yaitu melakukan publikasi iklan yang sudah dibuat untuk memasarkan produk. 

Kedua, Promosi Penjualan bertujuan untuk merangsang tanggapan pasar untuk lebih kuat ketertarikannya kepada produk yang kita tawarkan. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam promosi penjualan yaitu : menyusun sasaran promosi penjualan, menyeleksi alat-alat yang akan digunakan dalam promosi penjualan, mengembangkan program penjualan, melaksanakan promosi penjualan, dan melakukan evaluasi. 

Ketiga, Publisitas. Biasanya yang melakukan publisitas ini adalah bagian Humas. Langkah-langkah dalam melakukan publisitas adalah (1) menyusun sasaran; (2) memilih pesan dan media publisitas; (3) melaksanakan rencana publisitas; (4) melakukan evaluasi. 

Terakhir atau yg keempat adalah Penjualan Personal yang biasa disebut sales. Ada 6 langkah dalam melakukan penjualan personal ini yaitu menetapkan sasaran, merancang strategi, melakukan perekrutan wiraniaga, mengadakan pelatihan wiraniaga, mengawasi wiraniaga, dan melakukan evaluasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar