Pada pertemuan ke-11, Senin 6 Mei 2013.
Kelompok 9 yang beranggotakan Rahmawati Ramdiah, Ayu Wulandari, Ria Zulfiah,
dan Nurma Jelita mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa
Pendidikan tentang “Promosi Jasa
Pendidikan”. Pada pertemuan kali ini agak sedikit berbeda dengan pertemuan
sebelumnya. Karena presentasi pertemuan ke-11 ini dibentuk kelompok-kelompok
kecil yang kemudian dipimpin satu orang anggota kelompok yang presentasi. Untuk
kelompok
4, 7, dan 11 ditutori oleh anggota kelompok penyaji yaitu Rahmawati Ramdiah.
Sebelum membahas lebih dalam tentang
materi tersebut diatas, kita harus mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan promosi? Promosi adalah
kegiatan memasarkan sebuah produk atau jasa dengan menggunakan sarana promotion
mix (iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal). Promotion
mix tersebut dijelaskan sebagai berikut :
Pertama,
Iklan adalah bentuk komunikasi bukan
pribadi yang dijalankan melalui usaha yang dibayar. Tujuan dari penggunaan
iklan yaitu (1) untuk menyampaikan pesan kepada konsumen tentang suatu produk;
(2) untuk memotivasi, contohnya pada iklan KB yang menyebutkan “dua anak lebih
baik” bahwa satu keluarga dianjurkan mempunyai 2 orang anak. Ada 5 langkah
dalam membuat iklan yaitu (1) menetapkan sasaran, yang meliputi segmen dan
target pasarnya; (2) membuat keputusan anggaran, melakukan perencanaan tentang
keuangan atau anggaran yang diperlukan dalam membuat iklan; (3) membuat keputusan
untuk pesan iklan, melakukan pemilihan isi pesan yang ada dalam iklan yang akan
kita publikasikan; (4) evaluasi konsumen, yaitu meminta respon kepada konsumen
tentang iklan produk yang bersangkutan; (5) Pelaksanaan, yaitu melakukan
publikasi iklan yang sudah dibuat untuk memasarkan produk.
Kedua,
Promosi Penjualan bertujuan untuk merangsang tanggapan pasar untuk
lebih kuat ketertarikannya kepada produk yang kita tawarkan. Langkah-langkah
yang harus dilakukan dalam promosi penjualan yaitu : menyusun sasaran promosi
penjualan, menyeleksi alat-alat yang akan digunakan dalam promosi penjualan,
mengembangkan program penjualan, melaksanakan promosi penjualan, dan melakukan
evaluasi.
Ketiga, Publisitas.
Biasanya yang melakukan publisitas ini adalah bagian Humas. Langkah-langkah
dalam melakukan publisitas adalah (1) menyusun sasaran; (2) memilih pesan dan
media publisitas; (3) melaksanakan rencana publisitas; (4) melakukan evaluasi.
Terakhir atau
yg keempat adalah Penjualan Personal yang biasa disebut
sales. Ada 6 langkah dalam melakukan penjualan personal ini yaitu menetapkan
sasaran, merancang strategi, melakukan perekrutan wiraniaga, mengadakan
pelatihan wiraniaga, mengawasi wiraniaga, dan melakukan evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar