Pada pertemuan ke-10, Senin 29 April
2013. Kelompok 8 yang beranggotakan Berta Mahariyanti, Roliyani, Ria Winda, dan
Vivi Yusdikasari mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
tentang “Kebijakan Harga”. Pada pertemuan ini perkuliahan
dilaksanakan di ruang DS 307. Perkuliahan juga dipimpin langsung oleh Bapak Dr.
Amril Muhammad, S.E. M.Pd selaku dosen matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa.
Sebelum membahas lebih dalam tentang
materi tersebut diatas, kita harus mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan harga? Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan
untuk sebuah produk. Saat menentukan harga ada hal-hal yang harus diperhatikan
yaitu (1) Harga Pokok Produksi (HPP) + Laba, (2) Value (nilai barang tersebut).
Dalam menentukan kebijakan harga
terdapat 2 faktor yang mempengaruhi yaitu faktor
internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan tujuan pemasaran,
biaya, strategi bauran, pemasaran, dan organisasi tersebut. Sedangkan faktor
eksternal meliputi persaingan pasar, sifat dan permintaan pasar. Faktor pesaing dalam kebijakan harga berkaitan
dengan posisi dalam menempatkan produk, apakah bentuknya monopoli, bebas, dan oligopoli.
Disamping itu terdapat juga sifat dalam pesaing yaitu sebagai pemimpin pasar
dan sebagai followers (pengikut).
Kebijakan harga dilakukan karena bertujuan untuk (1) mendapatkan laba
maksimal, (2) dapat pengembalian investasi yang ditargetkan, (3) mencegah dan
mengurangi persaingan, (4) mempertahankan atau memperbaiki market share. Kebijakan
harga juga tidak hanya dilakukan oleh suatu perusahaan terhadap produknya tetapi
pemerintah juga ikut melakukan
penetapan harga, alasannya : (1) untuk melindungi rakyat terhadap permainan
harga oleh produsen atau pedagang; (2) untuk menstabilkan tingkat harga umum;
(3) mencegah penurunan harga yang lebih parah.
Penentuan harga dalam hal perekonomian berpengaruh
pada upah, sewa, laba dan sebagainya. Sedangkan harga dalam perusahaan
berpengaruh pada pemasaran barang yang dilakukan perusahaan tersebut.
Sekian report yang saya buat. Terima
Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar