Sabtu, 04 Mei 2013

Manajemen Pemasaran – Kebijakan Harga


Pada pertemuan ke-10, Senin 29 April 2013. Kelompok 8 yang beranggotakan Berta Mahariyanti, Roliyani, Ria Winda, dan Vivi Yusdikasari mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan tentang Kebijakan Harga”. Pada pertemuan ini perkuliahan dilaksanakan di ruang DS 307. Perkuliahan juga dipimpin langsung oleh Bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd selaku dosen matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa.  

Sebelum membahas lebih dalam tentang materi tersebut diatas, kita harus mengetahui  dulu apa yang dimaksud dengan harga? Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk sebuah produk. Saat menentukan harga ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu (1) Harga Pokok Produksi (HPP) + Laba, (2) Value (nilai barang tersebut). 

Dalam menentukan kebijakan harga terdapat 2 faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan tujuan pemasaran, biaya, strategi bauran, pemasaran, dan organisasi tersebut. Sedangkan faktor eksternal meliputi persaingan pasar, sifat dan permintaan pasar. Faktor pesaing dalam kebijakan harga berkaitan dengan posisi dalam menempatkan produk, apakah bentuknya monopoli, bebas, dan oligopoli. Disamping itu terdapat juga sifat dalam pesaing yaitu sebagai pemimpin pasar dan sebagai followers (pengikut).  

Kebijakan harga dilakukan karena bertujuan untuk (1) mendapatkan laba maksimal, (2) dapat pengembalian investasi yang ditargetkan, (3) mencegah dan mengurangi persaingan, (4) mempertahankan atau memperbaiki market share. Kebijakan harga juga tidak hanya dilakukan oleh suatu perusahaan terhadap produknya tetapi pemerintah juga ikut melakukan penetapan harga, alasannya : (1) untuk melindungi rakyat terhadap permainan harga oleh produsen atau pedagang; (2) untuk menstabilkan tingkat harga umum; (3) mencegah penurunan harga yang lebih parah. 

Penentuan harga dalam hal perekonomian berpengaruh pada upah, sewa, laba dan sebagainya. Sedangkan harga dalam perusahaan berpengaruh pada pemasaran barang yang dilakukan perusahaan tersebut. 

Sekian report yang saya buat. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar