Pada pertemuan ke-13, Senin 20 Mei
2013. Kelompok 11 yang beranggotakan Qidham Permadi, Dwi Sakti Nugroho, dan
Yudhi Ardiyanto mempresentasikan materi matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
tentang “Perilaku Konsumen”. Pada pertemuan ini perkuliahan dilaksanakan di ruang DS
307. Perkuliahan juga dipimpin langsung oleh Bapak Dr. Amril Muhammad, S.E.
M.Pd selaku dosen matakuliah Manajemen Pemasaran Jasa.
(gambar hirarki kebutuhan Maslow)
Perilaku
konsumen adalah
suatu perilaku pembelian dari konsumen (individu dan rumah tangga) untuk
membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi. Dalam melakukan pembelian terdapat
model perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh : (1) Perangsang. Perangsang dalam model perilaku konsumen ada dua
macam yaitu perangsang penjualan yang merupakan marketing mix (produksi, harga,
tempat, dan promosi) dari perusahaan bersangkutan dan perangsang lainnya
(perekonomian, teknologi, politik, dan budaya). (2) Kotak hitam pembeli. Meliputi karakter pembeli (budaya, sosial,
perorangan, dan kejiwaan) dan proses keputusan pembeli (pengenalan masalah,
pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan pembelian, dan perilaku
sesudah pembelian). (3) Keputusan
pembeli, merupakan pilihan akhir yang ditentukan oleh konsumen untuk
membeli suatu barang atau jasa.
Saat konsumen melakukan pembelian, ada
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian dari para konsumen, yaitu : (1) faktor kebudayaan (kultur,
sub-kultur, dan kelas sosial); (2)
faktor sosial (kelompok acuan, keluarga, peranan dan sosial); (3) faktor kepribadian (usia, jabatan,
perekonomian, gaya hidup, dan kepribadian); (4) faktor kejiwaan (motivasi, pandangan, belajar, kepercayaan dan
sikap; (5) Pembelian.
Dalam melakukan proses keputusan
pembelian, setiap konsumen memiliki perannya masing-masing dalam pembelian. Terdapat
5 peran dalam pembelian, sebagai berikut : a.
Pencetus ide : seseorang yang pertama kali mengususlkan ide untuk membeli suatu
produk atau jasa tertentu. b. Pemberi
pengaruh : seseorang yang pandanmgan atau pendapatnya mempengaruhi
keputusan pembelian. c. Pengambil
keputusan : seseorang yang memutuskan setiap komponen dalam keputusan
pembelian. d. Pembeli : seseorang
yang melakukan pembelian sebenarnya. e. Pemakai : seseorang yang
mengkonsumsi atau menggunakan produk dan jasa tertentu.
Pembelian terhadap suatu barang atau
jasa yang dilakukan oleh para konsumen adalah sebagai wujud dari kebutuhan (need)
dan keinginan (want) dari para konsumen masing-masing. Hal tersebut berhubungan
dengan 5 hirarki kebutuhan Maslow.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar