Rabu, 20 Februari 2013

Manajemen Pemasaran – Konsep Dasar Pemasaran


Pada perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan kali ini membahas mengenai Konsep Dasar Pemasaran dan Konsep Dasar Jasa. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Konsep Dasar Pemasaran.

 
Why Marketing Study ?
  1. Many factor contribute to making a business successful ; strongly costumer focuses and heavily committed to marketing (Banyak faktor berkontribusi untuk membuat bisnis yang sukses, kuatkan fokus pada pelanggan dan sangat berkomitmen untuk pemasaran).
  2. These companies share an absolute dedication to understanding and satisfying the costumer (Perusahaan-perusahaan berbagi dedikasi mutlak untuk memahami dan memuaskan konsumen).
  3. The motivate everyone in the organization to produce superior value for their costumer (memotivasi setiap orang dalam organisasi untuk menghasilkan nilai terbaik bagi pelanggan mereka). 
Jika membahas mengenai pemasaran, maka akan selalu berkaitan dengan marketing dan product.
  • Marketing adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu maupun kelompok berupaya mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui pertukaran nilai dan produk atau yang lainnya.
  • Product adalah segala sesuatu yang ditawarkan dalam pasar untuk diperhatikan, diambil alih, digunakan, dan dikonsumsi dalam upaya memenuhi kepuasan, keinginan maupun kebutuhan.
          Produk terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
a.       Goods ; Tangible (nyata)
b.      Service ; Intangible (tidak nyata)


Kata Kunci Marketing :
  • Value (Nilai)
  • Satisfaction (Kepuasan)
  • Quality (Kualitas) ; absolute/satu-satunya, relative, kepuasan pelanggan
  • Exchange (Pertukaran) ; barang-barang, barang-jasa
  • Transaction (Transaksi)
  • Relationship (Hubungan) ; penjual-pembeli, penyedia layanan-konsumen
Filosofi Manajemen Pemasaran :
  1. Production concept : produksi barang banyak, barang mudah dicari dan ditemukan
  2. Product concept : barang terbatas, memiliki nilai dan mengutamakan kualitas
  3. Selling concept : mengutamakan periklanan, promosi
  4. Marketing concept : memikirkan kepuasan pelanggan
  5. Societal marketing concept : kepedulian perusahaan pada lingkungan sekitar sehingga konsumen menjadi tertarik


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar